Sabtu, 02 Desember 2017

[ULASAN 1] Red Star OS: North Korean Linux Operating System

Video ini diambil dari situs YouTube, URL: (https://youtu.be/ex4ZPZuFdaA). Dipublish pada tanggal 12 Mei 2013 oleh channel MuzzaHukka. Video ini berdurasi 7 menit 57 detik dan sudah ditonton sebanyak 13,594 kali pada saat pembuatan ulasan ini

Video ini menjelaskan bahwa negara seperti Korea Utara saja masih mempunyai akses pada komputer, dan dibekali Sistem Operasi tersendiri yang bernama Red Star 3.0. Sistem Operasi ini berbasis Linux. Disisi lain dalam Sistem Operasi ini terdapat sebuah guide untuk menjalankan Sistem Operasi-nya yang tentunya dengan berbahasa Korea. Terdapat sebuah Microsoft office look alike yang bernama UriOffice dan SGOffice yang didalamnya terdapat text editor, math atau kalkulator(Excel), dan slide. terdapat juga Image Processing program didalamnya, dan juga software-software rip-off lainnya seperti browser Naenara yang mengambil sebagian besar API-nya dari Mozilla Firefox.

Menurut saya dengan Sistem Operasi Red Star OS berbasis Linux ini seharusnya bersifat Open Source namun nyatanya tidak terlihat intensitas tersebut dalam sistem operasi Red Star OS ini, dan segala aplikasi maupun software nya pun bersifat rip-off dari aplikasi yang sudah terkenal di dunia ini. Dan yang saya tahu mereka melakukan ini semua untuk tetap menjaga keamanan yang tinggi dan memastikan warga mereka tetap terisolir dengan dunia luar.


Github Account: farhanj04
URL Ulasan: http://farhanj04.blogspot.co.id/2017/12/ulasan-1-red-star-os-north-korean-linux.html
URL Video: https://youtu.be/ex4ZPZuFdaA
Video Author: MuzzaHukka
Pemetaan: Week01
Revisi Pertama: 02 Desember 2017
Revisi Terakhir: 02 Desember 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar